Home » , » Syarat kelulusan Unas 70 Persen dan 30 Persen Ujian Sekolah

Syarat kelulusan Unas 70 Persen dan 30 Persen Ujian Sekolah

Written By Unknown on Friday, February 21, 2014 | 9:03 PM

 Ujian nasional (unas) tahun 2014 ini benar-benar berat bagi siswa SMA/SMK. Selain bobot soal yang lebih berat karena ada soal-soal prediktif laiknya seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), prosentase kelulusannya juga berubah.

Sebelumnya 60 persen kelulusan ditentukan dari nilai unas dan 40 persen nilai sekolah. Tahun ini, prosentase nilai unas dinaikkan menjadi 70 persen. Sementara nilai ujian sekolah hanya 30 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun mengungkapkan, alasan menaikkan prosentase nilai unas karena saat ini unas dijadikan pertimbangan masuk perguruan tinggi negeri. ”Ada peran perguruan tinggi negeri di unas saat ini, karena itu sekarang lebih kredibel, jadi prosentasenya dinaikkan,”kata Harun saat ditemui di kantornya, Jumat (21/2/2014).

Dengan kenaikan ini, dia berharap sekolah lebih mempersiapkan siswanya secara intensif dibandingkan tahun sebelumnya. Paling tidak, soal-soal try out dibuat lebih selektif dan ditambah soal-soal yang biasa dipakai untuk SBMPTN.

”Waktu belajarnya juga ditambah. Kalau biasanya enam jam per hari, sekarang menjadi 6,5 jam,”sarannya.

Harun juga meminta pada guru lebih memotivasi siswanya.Bukan malah menjatuhkan mentalnya. Dia optimis kenaikan prosentase nilai unas ini tidak akan mengurangi tingkat kelulusan di Jatim. Bahkan Harun berani memasang target kelulusan 97,5 persen.

"Sebanyak 2,5 persen ini bukan karena bodoh, tetapi mungkin saja saat ujian dia sakit, atau dia pindahan dari daerah lain sehingga belajarnya terganggu,”terang mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jatim.

Banyaknya bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah Jatim menurut Harun tidak akan berpengaruh terhadap prestasi unas.

”Biarpun ada gunung meletus, saya optimis Jatim akan tetap menjadi terbaik. Minimal prestasinya sama dengan tahun lalu,”tegasnya.

Unas SMP/SMK rencananya akan digelar April 2014. Saat ini proses tender soal sudah selesai dan dimenangkan PT Jasuindo. Dan Senin depan (24/2/3014) akan ditandatangani pakta integritas antara seluruh kepala dinas pendidikan se jatim dan kementerian pendidikan dan kebudayaan.

”Setelah ini kami akan mengundang badan standarisasi nasional pendidikan (BSNP), pihak kepolisian dan seluruh MKKS dan kepala dinas se Jatim untuk sosialisasi,”katanya.

Unas tahun ini tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Lembar jawaban ujian nasional (LJUN) dibuat satu bendel dengan soal dan diberi barcode. Sementara pengawasan tetap nmelibatkan perguruan tinggi yang dikoordinir universitas negeru Surabaya.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Jatim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger